ASLIH MADUREH - Bagaimana cek pulsa via sms melalui operator telkomsel? pertanyaan ini muncul ketika ada rekan yang ingin cek saldo di kartu yang terpasang pada Samsung Galaxy Tab. Repot juga kalau habis isi pulsa, trus buka pasang kartu ke ponsel lain. Memang cara manual melepas kartu telponnya ke ponsel kemudian dial ke operatornya dengan menekan *888# untuk operator telkomsel.




Gadget yang dia pakai kebetulan hanya bisa dipakai untuk browsing, email dan sms. Tidak ada fitur untuk telpon atau dial samsung.
Bagaimana cara yang lebih praktis? Setelah cari di google dengan kombinasi berbagai kata kunci, akhirnya tidak sengaja saya temukan bukan cek pulsa via sms yang saya temui, tapi cek pulsa via web.
Sebelum kita mengakses halaman login ini, kita diminta untuk request password. Di halaman tersebut klik tombol Daftar Sekarang di bawah pertanyaan apakah kita sudah memiliki PIN TCare? Isikan form yang ada dengan mengisikan no hp, dan kode captcha yang diberikan. Atau melalui sms dengan cara sebagai berikut.
  1. Kirim sms ke 111 ( Kartu Halo ) atau 116 ( simPATI atau Kartu AS ) dengan format :
    PIN [spasi]tanggal_lahir_anda (DD/MM/YYYY)
    Contoh : PIN 16/10/1982
  2. Jika anda pelanggan simPATI atau Kartu AS, pastikan tanggal lahir anda sama dengan data registrasi awal ketika anda melakukan aktivasi kartu. Anda dapat merubahnya dengan mengirimkan sms ke 4444, ketik REG, dan mengulang kembali registrasi PIN setelah data berhasil dirubah.
  3. Gunakan t-Care untuk mendapatkan PIN, jika anda telah mengaktifkan PIN sebelumnya maka akan mendapatkan PIN yang lama. Batas pengambilan PIN melalui t-Care adalah 3x dalam sehari.
Dimana alamat URL-nya? Dengan bantuan browser akses melalui cek pulsa via sms
https://my.telkomsel.com/GTConnect/index.jsp Dengan alamat tersebut, kita tidak hanya dapat mengetahui saldo pulsa nomor kita, tapi bisa juga kita daftarkan nomor istri kita, orang terdekat kita, tentunya dengan password yang sudah kita ketahui untuk akses ke halaman loginnya. Semoga informasi sederhana ini bermanfaat.